Konversi Voltase Menjadi Micron Dalam Instalasi Axial Proximity Sensor pada Rotating Unit

Hai Sohib, kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana menghitung nilai micron dari voltase yang dibangkitkan oleh proximitor dari proximity sensor. Perlu dicatat, proximitor yang saya gunakan di artikel kali ini adalah proximitor 3300 XL dari Bently Nevada . Penampakannya seperti di bawah ini.

Gambar 1: Proximity Sensor dan Proximitor


Proximitor di atas biasa dipakai untuk mengukur jarak pergeseran (getaran) axial dan radial rotor pada rotating unit seperti kompresor atau pun pompa-pompa besar. Proximitor di atas berfungsi untuk mengubah nilai fisik jarak yang diukur oleh proximity sensor menjadi sinyal analog dalam VDC. Semakin dekat ujung sensor proximity dengan objek ukur, maka semakin kecil VDC yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin besar jarak antara ujung proximity sensor dengan objek ukur maka semakin tinggi pula VDC yang dihasilkan. Rentang VDC yang dihasilkan umumnya terletak pada kisaran +/-0,4 hingga +/-23 VDC.

Untuk melakukan konversi VDC yang dihasilkan proximitor menjadi jarak, yang pertama dilakukan adalah membaca standar voltase yang dihasilkan oleh proximitor tersebut. Biasanya keterangan ini dapat kita temui di badan proximitor. Untuk proximitor 3300 XL biasanya standar voltase yang dihasilkan adalah 200 mV/mil. Angka inilah yang nantinya akan kita pakai sebagai patokan konversinya.
gambar 2: Penampakan keterangan standar output dari proximitor 200 mv/mil

 

Satuan Mil


Mill adalah satuan yang nilainya 1/1000 inci atau 0,001  inci. Jika kita hubungkan dengan label pada proximitor artinya proximitor akan menghasilkan 200 mVDC untuk setiap pertambahan jarak sebesar 1 mil. Atau ia akan menghasilkan tegangan sebesar 2000 mVDC per 10 mil jarak yang bertambah atau dengan kata lain proximitor tersebut akan menghasilkan 2 VDC per 10 mil atau per 5 mil perubahan jarak, proximitor akan mengalami perubahan output sebesar 1 VDC.




Mil menjadi micron

Langkah selanjutnya adalah mengkonversi satuan MIL ke dalam micron. Yaitu dengan mengkonversikan terlebih dahulu inci ke dalam cm. ukuran 1 inci adalah 2,54 cm atau 254 mm. Sehingga 0,001 inci = 0,0254 mm. Dengan kata lain, 1 mil = 25,4 micron.  

VDC menjadi Micron

Kita sudah punya 2 data sekarang, yaitu
1 mil = 25.4 micron dan per 5 mil, proximitor akan menghasilkan 1 VDC. Jika kedua data disatukan maka akan didapat kesimpulan proximitor akan menghasilkan 1 VDC setiap pertambahan jarak sebesar 127 micron. 

Artinya untuk menghitung perubahan jarak yang terjadi, cukup kita ukur dan amati perubahan VDC dari proximitornya kemudian kita kalikan 127.

Catatan:

  1. Ketika output proximitor menunjukan nilai 10 VDC bukan berarti jarak proximity terhadap sensor pasti 1270 micron. Sebab pada pengukuran aktualnya, ketika ujung sensor menyentuh objek ukur, proximitor akan menghasilkan nilai yang berbeda. Biasanya sekitar 0,40 sampai 0,47. Oleh karena itu, konversi voltase menjadi micron seharusnya dilakukan untuk mengukur perubahan posisi shaft dari posisi tengahnya (axial). 
  2. Konversi voltase ke micron juga dilakukan untuk linearity atau pengecekan output VDC dari rangkaian proximity sensor dengan perangkat TK3-2E, apakah ia dalam kondisi yang baik yaitu bertambah 2 VDC untuk setiap 10 mil jarak yang diberikan atau telah mengalami saturasi sehingga membutuhkan servis atau penggantian part.
Gambar 3: TK3-2E, alat yang digunakan untuk linearity proximity sensor
sumber: https://cdn.globalauctionplatform.com

Kira-kira itulah yang bisa saya tulis kali ini tentang konversi dari VDC menjadi Micron pada instalasi proximity sensor. Kalau sohib memiliki kritik saran atau sekedar mau share pengalaman, silakan ditulis di kolom komentar ya. Terima kasih

2 comments: