Growing Smart With Information
Adalah sebuah slogan yang saya baca di dinding bengkel TKJ SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta waktu pertama kali saya memasukinya. Sebuah slogan yang sederhana namun begitu mengena. Kini slogan itu sudah tiada karena renovasi dan perbaikan bengkel namun saya menyukai slogan tersebut dan saya abadikan dalam blog saya yang sangat sederhana. Selamat membaca dan terima kasih atas kunjungannya.

NEW POSTS

Wednesday, 21 January 2015

TIPS MENCARI NAMA DRIVER UNTUK KOMPUTER ATAU LAPTOP

Image source: dxdiaxz7z.com

Driver adalah program aplikasi yang digunakan oleh sistem operasi (windows) agar dapat menjalankan fungsi hardwarenya dengan maksimal. Masalah yang terjadi  apabila kita tidak menginstal driver adalah tidak optimalnya sistem operasi memfungsikan suatu hardware. Sebagai contoh VGA card tidak akan mendeteksi resolusi yang tinggi bila tidak diinstall driver. Hasilnya resolusi nya rendah dan gambar ikon terlihat besar-besar. Belum diinstallnya driver bahkan akan membuat hardware-hardware tersebut tidak berfungsi sama sekali.

Akhir-akhir ini popularitas komputer sangat tinggi. Hampir tiap keluarga memiliki komputer di rumahnya. Baik itu komputer desktop sampai laptop. Beberapa vendor komputer/laptop menyediakan DVD Driver sebagai fasilitas produknya. Beberapa tidak namun menyediakan fasilitas download driver di webnya. Namun ada juga yang tidak. Lantas bagaimana jika suatu saat kita butuh untuk install ulang system operasi kita sedangkan kita tidak memiliki DVD drivernya? Mari ikuti artikel berikut ini.


Status driver sudah terinstal atau belum dapat kita lihat di menu "device manager" pada sisem operasi windows. Jika Anda adalah pengguna windows 7 maka caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik Start Menu di pojok kiri bawah 
  • Ketikan "device manager" pada kolom Search Programs and Files. 
  • Klik tombol Device Manager pada hasil pencarian maka Anda akan masuk di jendela device manager.


Cara lain menuju jendela device manager adalah dengan

  • Klik kanan tombol My Computer (Windows XP) atau Computer (Windows 7pada start menu atau pada windows explorer.
  • Pilih Properties
  • Pilih Device Manager 
Kemudian akan muncul jendela device manager. 


Image source: http://gyansmuslim.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-nama-driver-komputer.html


perhatikan ada sebuah device yang tidak dideteksi windows. Ditandai dengan tanda seru kuning di pojok bawah ikon.

Bagaimana cara mengetahui nama driver tersebut? Berikut caranya.

  • Klik kanan ikon SM Bus Controller tersebut kemudian pilih properties.
  • Pilih tab details.
  • Kemudian pada menu dropdown di bawahnya pilih hardware ids. Perhatikan keterangan hardwarenya.
Image source: http://gyansmuslim.blogspot.com/2012/06/cara-mengetahui-nama-driver-komputer.html
  • Pada keterangan paling atas: PCI\VEN_8086&DEV27DA&SUBSYS_27DA8086&REV_01
    keterangannya:
    VEN_8086   menunjukan kode vendor atau perusahaan pembuat hardware
    DEV_27DA menunjukan kode device atau jenis device yang dibuat vendor tersebut.

    Catat dua informasi di atas kemudian segera menuju web: pcidatabase.com 
  • Pada web pci database ada dua kriteria pencarian. Mencari berdasar vendor atau berdasar device. Untuk hasil lebih spesifik ketikan device id tadi pada kolom device search kemudian klik search.
  • Akan muncul beberapa hasil pencarian. Pastikan Anda memilih hasil pencarian yang sesuai dengan kode vendor dan kode device komputer Anda. Perhatikan kolom vendor id dan device id nya. 

  • Setelah ini Anda bisa copy paste kolom chip description tersebut kemudian paste di google dengan ditambah keyword: free download. Misal: free download Intel(R) N10/ICH7 Family SMBus Controller
  • Atau mencoba mengklik link pada kolom terakhir kemudian melihat pencarian lebih detil. Biasanya beberapa orang dengan senang hati membagi link menuju file driver tersebut seperti berikut: (jangan lupa dengan vendor id dan device id nya)
  • Download file tersebut dan install di komputer Anda.
  • Cek kembali device manager apakah semua driver telah terinstall sempurna.
perfect-device manager

BONUS TIPS:
  • Driver komputer yang sudah di download sebaiknya disimpan di Local Disk D: atau E: Pokoknya jangan disimpan di Documents atau di Drive System C:. Hal ini disebabkan apabila komputer diinstall ulang, kita bisa install ulang untuk Drive C saja dan tidak mengganggu drive D atau drive E.
  • Jika Anda mempunyai DVD driver sebaiknya copy juga isinya ke Drive D: atau E:. Jadikan satu folder agar ketika install ulang terjadi tidak kebingungan mencari DVD driver. Selain itu ini akan lebih menjaga optical drive Anda atau dari kemungkinan Optic DVD yang rusak karena pemakaian atau penyimpanan.

Sekian Semoga Bermanfaat.





8 comments:

  1. Nice Indo Jangan Lupa Kunjungi http://installaptopsurabaya.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. saya bru saja selesai instal ulang lalu setelah di rating cuman 1,0.. apa yang harus saya lakukan mas.??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dilihat drivernya apa semua sudah terinstal? Kalau sudah coba lihat lagi apakah yang menyebabkan ratingnya 1.0 sebab rating yang ditampilkan adalah yang terendah. Kalau misal yang terendah adalah VGA nya maka kemungkinan drivernya nggak cocok

      Delete
    2. Kalau nggak cocok ya cari driver yang cocok.

      Delete
  3. Harus dicoba ni biar komputer bisa berfungsi dengan optimal.

    ReplyDelete
  4. kalo laptop saya tidak ada driver wifi ny gmn mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Laptopnya merk apa, tahun berapa seri berapa, diinstall OS apa?

      Kalau model asus atau acer, biasanya disertakan CD Drivernya. Atau bisa download di situsnya.

      Laptop merk lainnya juga biasanya memberikan fasilitas download driver di websitenya.

      Kalau memang tidak ada kemungkinan sistem operasi yang diinstall di laptop memang bukan untuk peruntukannya. Misal laptop Asus sekarang didesain untuk win 10 maka driver untuk windows 7 biasanya sudah tidak dibuat lagi.

      Delete

Catatan

Penulis telah berusaha untuk menjaga orisinalitas tulisan di dalam blog ini dengan tidak asal mengcopy paste artikel blog lain ke dalam blog ini serta menulis dari awal dengan referensi-referensi. Penulis tidak melarang artikel di blog ini di copy paste ke blog Sohib. Penulis bahkan senang dan merasa bersyukur jika apa yang penulis tulis bermanfaat bagi Sohib sekalian. Hanya saja, penulis mohon bagi Sohib-Sohib yang meng-copy paste artikel dari blog ini, untuk menyertakan sumber artikelnya. Terima kasih banyak.

FOLLOWERS