Growing Smart With Information
Adalah sebuah slogan yang saya baca di dinding bengkel TKJ SMK N 2 Depok Sleman Yogyakarta waktu pertama kali saya memasukinya. Sebuah slogan yang sederhana namun begitu mengena. Kini slogan itu sudah tiada karena renovasi dan perbaikan bengkel namun saya menyukai slogan tersebut dan saya abadikan dalam blog saya yang sangat sederhana. Selamat membaca dan terima kasih atas kunjungannya.

NEW POSTS

Wednesday, 25 March 2009

MEMILIH TEMPLATE BLOG



Kalau kita analogikan blogger adalah sebagai tuan rumah, maka blog adalah rumahnya, sedang template adalah penampilan rumahnya. Maka apakah motivasi sang tuan rumah untuk mendandani rumahnya? Kita temukan di sekitar kita berbagai jenis rumah dan berbagai warna rumah, lantas apakah motivasinya? Kok harus berwarna begini dan harus berbentuk begitu?
Tentunya ada banyak motivasi yang melatar belakangi hal tersebut, di antaranya adalah:


  1. Untuk dinikmati sendiri.
  2. Untuk dinikmati oleh tamu atau orang yang berkunjung ke rumah kita.
  3. Agar nikmat untuk dipandang meski hanya lewat saja.
  4. Pada intinya, semua itu hanya dikhususkan untuk kenyamanan pengguna dan penikmat rumah, betul khan?

Tentu saja blogger pun menginginkan penampilan blognya seperti di atas. Untuk itu, sekedar berbagi pengalaman,, maka saya akan berikan tips-tips sebagai berikut:
  1. Pilihlah Template Yang Menarik
Pemilihan template yang menarik berpengaruh besar pada blog. Template yang kurang menarik atau memiliki warna pucat sering menimbulkan kesan membosankan bagi pengunjung blog kita. Pemilihan template ini didasarkan pada pemilihan warna yang tegas dan cerah, serta tidak terlalu mencolok.

Sangat tidak disarankan bagi seorang blogger menggunakan template dengan background yang mencolok dan background posting yang transparan seperti template-template pada Friedster pada umumnya. Sehingga pengunjung kesulitan membaca apa yang tertulis di blog.

Biasanya untuk latar belakang atau background posting area, digunakan warna netral yaitu putih atau hitam dengan tulisan berwarna putih (untuk background hitam) dan hitam (untuk background putih). Namun untuk dekor yang lain, bisa digunakan warna lain sebagai penarik perhatian.

  1. Pilihlah Template Yang Unik
Pemilihan template yang unik juga mempengaruhi, bayangkan jika template yang kita pergunakan ternyata banyak yang memakai, tentunya tidak asikkan? Maka dari itu, pemilihan template yang unik hendaknya menjadi skala prioritas bagi blogger sekalian.

Jika templatemu dirasa belum unik jangan terburu-buru diganti, misal template itu sama dengan template kawan kita, dan kita ingin template kita berbeda dengan yang lain, maka kita bisa mengganti pengaturan warnanya di layout (tata letak) à font and color.

  1. Pertimbangkan ukuran Template yang Akan Anda Gunakan
Template yang terlalu berat juga mempengaruhi, semakin berat template maka semakin sedikit pernak-pernik blog yang kita gunakan. Besarnya template hendaknya kurang dari 50kb. Beberapa hal yang menyebabkan template menjadi berat antara lain: 1*Tingkat Kerumitan Template. ( Semakin rumit template , maka semakin besar pula sizenya.) 2*Banyaknya Kolom. (Semakin banyak kolom, maka semakin berat templatenya.


  1. Pertimbangkan Provider (Penyedia) Templatenya
Ini sangat penting, karena penyedia template yang kurang bertanggung jawab, tidak jarang merugikan blogger. Kasus seperti ini serng melanda blogger pengguna jasa template gratis. Seperti yang biasa saya alami, yakni image yang diupload disitus-situs seperti photobucket terblokir karena kurangnya kedisiplinan untuk mengupdate account. Hasilnya, tampilan template acak-acakan dan artikel kita tidak bisa dibaca.


ini contoh template yang gak diurus providernya...

Pilih provider yang benar-benar bertanggung jawab dengan templatenya, biasanya, provider-provider ini memiliki rating yang tinggi dan sudah terkenal di kalangan bloggermania. Cara mengetahui tingginya rangking blog by alexa adalah dengan menginstal widget alexa sparky di mozillamu. Klik di sini untuk menginstal alexa sparky.

Cara yang lain, tanyakan pada teman-teman blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia blogger dan tanyakan dari mana mereka mendapatkan template tersebut.

Cara lain lagi, gunakan template asli dari blogger , berbayar atau bikin templatemu sendiri.

Jadi pemilihan template adalah poin utama yang harus dilakukan oleh blogger. Tanpa template tak kan tercipta blog, maka dari itu, cermat-cermatlah dalam memilih template.
Pesan saya… Meski hanya lewat dunia maya, namun persahabatan kita tetap nyata.





21 comments:

  1. Wah Infonya bagus nih.... makasih ya

    ReplyDelete
  2. seepp.. thanks bgt neh info nya... memank mash banyak yg salah memilih template... termasuk saya kali ya.... hehehe

    ReplyDelete
  3. Yang pasti kalau nggak mau error, pake template dari blog ajaw....

    ReplyDelete
  4. maksudnya dari blogger ndiri gituw

    ReplyDelete
  5. wah boz,templateq ktoke gambare diupluoad di imegehack..(jarang trouble)tapi jih abot jwe..

    ReplyDelete
  6. wah info yang bagus...jadi harus hati hati dalam memilih template..

    kalau template di blog saya udah memenuhi syarat yang diatas blom yaa..minta reviewnya yaaa

    thanks sob..

    ReplyDelete
  7. thanks for the info memang template itu layaknya rumah yah...

    ReplyDelete
  8. Salute to blogger unity,.. walaupun berbeda beda tetap satu jua,.. Bhineka Tunggal Ika :D Hidup Blogger Indonesia

    ReplyDelete
  9. mas, mbak, tante, om.. hehehe.. cuma mau kasih tau neh, ada award di blog saya jika berkenan silahkan dilihat ya... thanks before..

    ReplyDelete
  10. wah,,,templet pengaruh juga ya...??

    ReplyDelete
  11. Mantabz!!! nih saya kasih salah satu sumbernya : www.btemplates.com

    ReplyDelete
  12. YAA BENAR, AKU TAK MAMPIR YA...MKSH LHO KUNJUNGANYA

    ReplyDelete
  13. LAGU ANAK SEMAKIN LANGKA (widyaswara)
    Selama ini lagu untuk anak seakan-akan tenggelam di blantika musik Indonesia. Sebetulnya keadaan ini tidak adil bagi anak-anak. Mereka seharusnya diberikan banyak lagu untuk menjadi pilihan sesuai jiwa mereka. Selama ini mereka terpengaruh oleh lagu-lagu orang dewasa seperti lagu yang berlirik cinta, patah hati dan selingkuh. Semua itu tidak baik bagi perkembangan jiwa anak-anak. Ini adalah tanggung jawab moral bersama seperti pemerintah, dunia pendidikan, industri musik dan masyarakat untuk bersatu menjadikan generasi bangsa yang jauh lebih baik dan bermoral.
    Kunjungi : http://www.pasarxdami.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. terimakasih infonya, akan saya ingat selalu..

    ReplyDelete
  15. boleh juga nih... tetap semangat selalu

    ReplyDelete
  16. bener tuh milih tempalte harus masuk kategori di atas

    ReplyDelete
  17. Siip lah... Makasih KOmennya ya

    ReplyDelete

Catatan

Penulis telah berusaha untuk menjaga orisinalitas tulisan di dalam blog ini dengan tidak asal mengcopy paste artikel blog lain ke dalam blog ini serta menulis dari awal dengan referensi-referensi. Penulis tidak melarang artikel di blog ini di copy paste ke blog Sohib. Penulis bahkan senang dan merasa bersyukur jika apa yang penulis tulis bermanfaat bagi Sohib sekalian. Hanya saja, penulis mohon bagi Sohib-Sohib yang meng-copy paste artikel dari blog ini, untuk menyertakan sumber artikelnya. Terima kasih banyak.

FOLLOWERS