BIOS part 3

3.Integrated Pheriperals




Intergrated Peripherals



Block Mode
Apabila dibuat "enabled" atau "Auto" atau "HDD MAX" maka BIOS akan menggunakan block mode untuk transfer dari/ke harddisk. Block mode adalah cara transfer yang dilakukan per block (beberapa sektor), sedangkan cara transfer biasa adalah per sektor. Ada kalanya Anda dapat langsung mengisikan jumlah sektor yang akan diakses secara bersamaan, misalnya 2,4,8,16 atau 32 sektor. Sedangkan jika Anda buat "Auto" BIOS akan mendeteksi secara otomatis berapa sektor yang dapat digunakan secara bersamaan.

IDE PIO/UDMA
Digunakan untuk memilih mode PIO atau UDMA yang akan digunakan. Masing-masing kanal memiliki pilihan sendiri-sendiri. Pilihan yang terbaik yaitu "Auto" karena BIOS akan memilihnya secara otomatis berdasarkan harddisk atau CD-ROM yang terpasang. Mode PIO/UDMA yang dipilih akan menentukan kecepatan transfer dari harddisk. Mode PIO tercepat adalah PIO mode 4 dengan kecepatan transfer 16.6MB/s sedangkan kecepatan UDMA tercepat adalah UDMA mode 2 dengan kecepatan transfer 33.3MB/s.

PCI Slot IDE Second Channel
Dengan ini channel kedua dari sebuah card EIDE di slot PCI dapat diaktifkan ("enabled") atau dimatikan ("disabled").

On-Chip Primary/Secondary PCI IDE
Digunakan untuk mengaktifkan atau mematikan channel dari Onboard-IDE-Controller. Ada dua channel yang biasanya telah ada di motherboard, yaitu primary channel dan secondary channel. Jika Anda buat menjadi "enabled" maka channel ini akan diaktifkan. Jika Anda ingin mematikannya maka gunakan pilihan "disabled".

Onboard PCI SCSI Chip
Jika motherboard Anda memiliki Onboard-SCSI-Controller maka pilihan ini akan tampil. Digunakan untuk mengaktif atau non-aktifkan SCSI controller yang ada pada motherboard. Jika Anda aktifkan maka controller ini akan menggunakan IRQ dan DMA tertentu. Jika Anda pilih "disabled" maka controller akan dimatikan dan Anda dapat menggunakan SCSI controller card untuk mengakses harddisk atau CD-ROM SCSI Anda.

USB Controller
Pada motherboard yang menggunakan chipset yang mendukung USB maka BIOS-setup akan menampilkan pilihan ini. Pilihan "enabled" akan mengaktifkan USB controller sedangkan pilihan "disabled" akan mematikannya. USB merupakan singkatan dari Universal Serial Bus. Suatu sistem koneksi peripheral seperti keyboard, mouse, printer, kamera dengan menggunakan satu kabel saja.

Onboard FDC Controller
Pilihan "enabled" akan mengaktifkan OnBoard-Floppy-Disk-Controller. Resource yang digunakan oleh controller ini adalah IRQ 6 dan DMA 2. Jika Anda buat menjadi "disabled" Anda akan kehilangan floppy disk controller (dan disk drive Anda tentunya), kecuali Anda akan menambah floppy disk controller card secara manual.

Onboard Serial Port 1/2
Digunakan untuk konfigurasi OnBoard Serial Port. Biasanya ada dua channel serial port yang dimiliki oleh motherboard. Pilihan "disabled" akan menyebabkan serial port Anda tidak aktif, sedangkan pilihan lainnya akan menentukan port dan IRQ yang digunakan. Pilihan-pilihan lainnya itu antara lain "3F8/IRQ4", "2F8/IRQ3", dsb. Ada kalanya Anda harus mengganti konfigurasi serial port ketika Anda memasang modem internal yang menggunakan COM4.

UART2 Mode
Digunakan untuk konfigurasi serial port yang digunakan untuk komunikasi dengan komponen infra merah. Pilihan "Standar" digunakan untuk komunikasi normal dengan interface RS-232-C. Sedangkan pilihan lainnya, yaitu "IrDA 1.0", "IrDA 1.1", "ASK-IR" digunakan untuk menentukan tipe alat komunikasi infra merah yang terpasang pada serial port PC Anda.

Duplex Mode
Pilihan "Full" akan membuat komunikasi melalui infra merah dapat melakukan pengiriman dan penerimaan secara bersamaan sedangkan pilihan "Half" akan menyebabkan proses pengiriman dan penerimaan data akan dilakukan secara bergantian.

Onboard Parallel port
Digunakan untuk konfigurasi OnBoard Paralel Port. Biasanya hanya ada satu channel paralel port yang dimiliki oleh motherboard. Pilihan "disabled" akan menyebabkan paralel port Anda tidak aktif, sedangkan pilihan lainnya akan menentukan port dan IRQ yang digunakan. Pilihan-pilihan lainnya itu antara lain "378/IRQ7", "278/IRQ5", dsb.

Parallel Port Mode
Di sini biasanya tercantum "SPP", "EPP" dan "ECP" serta bermacam-macam kombinasi dari dalamnya sebagai mode operasi untuk paralel port.
Berbeda dengan sebuah Standard Parallel Port (SPP), baik Enhanced Parallel Port (EPP) maupun Extended Capabilities Port (ECP) bekerja secara dua arah (bidirectional) dan dengan demikian maka paralel port yang dikonfigurasikan sebagai EPP dan ECP akan bekerja lebih cepat dibandingkan dengan SPP. Apabila tidak timbul masalah, maka "ECP/EPP" merupakan setting yang terbaik, terfleksibel dan tercepat.

ECP Mode Use DMA
Menentukan channel DMA yang akan digunakan untuk paralel port dalam mode ECP. Pilihlah DMA 3 karena pilihan DMA 1 biasanya bentrok dengan sound card.

Parallel Port EPP Type
Menentukan tipe EPP yang akan digunakan ketika Anda memilih paralel port dalam mode EPP. Pilihan yang ada adalah "EPP1.7" dan "EPP1.9" yang lebih baru.

No comments:

Post a Comment